DETIL ARTIKEL

Pelatihan Pelaku Usaha Untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Bululawang

Program Pemberdayaan Desa Mitra (PPDM)  sebagai program kerjasama Kemenristekdikti dengan Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang mendapat tanggapan positif dari masyarakat Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.  Tim PPDM yang diketuai oleh Dr. Endang Sungkawati dengan anggota Dr. Ni Wayan Suarniati, Dr. Ratnawati dan Ir. Sugiharto, M.M. merencanakan program pengembangan ekonomi kreatif di desa tersebut selama tiga tahun.

 

Program tersebut adalah pengembangan ekonomi kreatif sebagai pendukung ekowisata. Pengembangan ekonomi kreatif dilakukan dengan pembuatan batik khas desa Bululawang, pengembangan produk makanan seperti keripik menjeng, keripik singkong, tahu walik dan keripik pisang serta pembentukan Kelompok Desa Sadar Wisata (Pokdarwis).

 

Batik di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung ini memiliki ciri khas dengan motif alpukat dan trisula yang diharapkan dapat menjadi salah satu ikon batik di Kabupaten Blitar. Pendampingan dilakukan oleh tim sendiri dengan praktik langsung, demikian juga untuk produk makanan yang dihasilkan. Tim PPDM mendampingi mulai dari penyiapan bahan dasar, pengolahan, pengemasan, pemasaran hingga pengurusan ijin usaha. Produk-produk inilah yang diharapkan dapat mendukung potensi wisata pantai Pasur, dengan menjadikannya oleh-oleh khas pantai Pasur atau edukasi wisata. 

(source)